Sabtu, 10 Oktober 2009

Membenarkan menu run akibat srangan virus

Bisa jadi karena virus atau memang sengaja, menu RUN tidak bisa dibuka. Ada peringatan disable by administrator. Memang, solusinya banyak. Salah satunya dengan mengaktifkan kembali menggunakan Group Policy.

Lalu, bagaimana membukanya, sedangkan selama ini membuka Group Policy selalu menggunakan menu RUN? Bisa menggunakan script, bisa dengan cara ini, dan bisa juga secara manual. Kalau secara manual, silakan ikuti langkah berikut.

  • Buka lokasi C:\WINDOWS\system32 di window explorer. Lalu, buka gpedit.msc.

clip_image002

  • Buka User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar.

clip_image004

  • Klik dua kali Remove Run menu from Start Menu. Pilih Not Configure lalu tekan OK.

clip_image006

Kalau cara ini tetap ga bisa, mungkin harus menggunakan cara lain seperti artikel ini

Mungkin Anda pernah mengalami masalah ini. Ketika ada folder yang dihidden (disembunyikan), lalu memilih show hidden files tapi tidak bisa diceklis. Ketika diklik OK malah kembali ke semula.

clip_image002

Kebetulan saja saya pun mengalami. Jadi, bisa membuat artikel ini. Kalau Anda belum menemukan solusinya, mungkin bisa mencoba salah satu cara yang saya lakukan.

  • Buka Run dan ketik regedit. Lalu tekan enter.

clip_image004

  • Buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL.

clip_image006

  • Ubah nilai value CheckedValue dan DefaultValue menjadi angka 1 (satu) lalu klik OK.

clip_image008clip_image010

  • Buka kembali window explorer dan klik menu Tools > Options.

clip_image012

  • Klik tab View. Lalu ceklis Show hidden files and folder. Klik OK.

clip_image014

Sekarang, Show hidden files and folders bisa dipilih lagi.

Virus bisa datang kapan pun terutama computer/laptop kita terhubung dengan media eksternal. Salah satu ancamannya adalah menyembunyikan menu RUN. Bagi orang awam, tentu saja ini bisa membuat panik. Kalau sudah tidak bisa diatasi sendiri, pasti bertanya bagaimana mengembalikan menu RUN yang hilang.

Sebenarnya bukan hilang, tetapi disembunyikan. Banyak cara mengembalikannya. Tentu saja, kalau terserang virus, bersihkan dulu computer/laptopnya sebelum melakukan langkah ini.

  • Klik Start > All Programs > Accessories > Command Prompt.

clip_image002

  • Ketik regedit lalu tekan ENTER.

clip_image004

  • Tekan F3. Pada kotak pencarian yang muncul, ketik norun lalu tekan ENTER.

clip_image006

  • Klik dua kali NoRun.

clip_image008

  • Kalau nilainya 1, berarti DWORD NoRun aktif, sehingga disembunyikan di Start menu. Ubah nilainya menjadi 0 (nol).

clip_image010

  • Tekan lagi F3 dan ulangi langkah di atas untuk mencari NoRun yang lain.

Kalau masih belum tampil, restart computer/laptop Anda.

Jika system operasi windows tidak dirawat, sangat rentan akan kerusakan, baik akibat virus atau kesalahan pengguna sendiri. Jika sudah terjadi computer selalu restart saat dinyalakan, pasti kelabakan. Apalagi bagi pengguna awam, yang pertama kali disalahkan umumnya karena virus. Padahal, computer dengan system operasi windows, selalu restart otomatis itu bukan semata karena virus. Lalu, apa dong yang menyebabkan semua itu kalau bukan virus? Sebenarnya, secara default, windows memiliki fungsi untuk mematikan otomatis bila ada kerusakan system, baik oleh virus maupun ulah penggunanya. Jadi, jangan dulu salahkan virus bila computer selalu restart.
Jika kebetulan computer Anda sedang mengalami hal ini, coba matikan dulu fungsi restart otomatis dengan cara berikut ini.
Klik kanan My Computer lalu pilih Properties.


Klik tab Advance. Pada grup Startup and Recovery, klik Setting.



Hilangkan ceklis Automatically restart pada grup System failure lalu klik OK.



Coba sekarang restart computer. Kalau masih tetap restart atau restartnya sebelum masuk windows, mungkin memang benar-benar sudah rusak. Coba lakukan cara ini pada kondisi safemode.
Tip ini hanya salah satu cara. Jika cara ini tidak bisa, lakukan cara lain sebelum memutuskan untuk format ulang.

Saya rasa, kita sering memiliki kendala ketika dokumen yang kita buat, jenis fontnya berubah bila dibuka di computer lain. Hal ini disebabkan pada computer tersebut tidak ada font yang sesuai. Kejadian ini tentu sangat menjengkelkan. Apalagi bila kita sedang mengerjakan tugas dan mengharuskan menggunakan jenis font tersebut, setelah mencoba diprint di computer rental, ternyata fontnya berubah. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa Anda coba cara berikut.

  • Klik logo Office > Word Options.
  • Klik tab Save lalu ceklis Embed fonts in the file. Klik OK.

Setelah melakukan trik ini, meskipun di computer lain tidak ada jenis font yang kita gunakan, font yang kita gunakan tidak akan berubah. Bahkan, secara otomatis nama font yang kita gunakan akan tampil pada daftar font.

Trik ini saya coba di Microsoft Word 2007. Saya belum mencoba di versi lainnya termasuk bila dibuka di versi yang lebih rendah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar